Jumat, 16 Januari 2015

Mahasiswa kok gitu sih



Ngurus diri sendiri aja belum bisa, kok malah di suruh mikirin negara???
Oleh: Sepilut
Apakah Anda juga memiliki pendapat dengan kata-kata diatas? Mungkin sebagian orang memiliki pendapat yang sama tentang pernyataan tersebut. Dengan pernyataan yang semacam ini menimbulkan pertanyaan yang besar, mengapa bisa memiliki pandangan yang semacam itu. Rata-rata kalimat itu diucapkan oleh seorang mahasiswa. Pernyataan “Ngurus diri sendiri aja belum bisa”, perlu diteliti ulang bahwa sebagai mahasiswa masih minta orang tua, apalagi yang mau di urus, tugas kuliah memang sudah menjadi kewajiban sebagai mahasiswa. Pada intinya bisa urus diri sendiri atau tidak itu dikembalikan ke masing-masing orang.
Pernyataan ini dikaitkan dengan organisasi kemasyarakatan pemuda. Organisasi ini merupakan kumpulan dari mahasiswa-mahasiswi yang bergerak dibidang politik dan sosial. Tujuan organisasi pemuda adalah sebagai sosial control kinerja pemerintah, agar tidak melenceng dari cita-cita bangsa serta Pancasila dan UUD 1945. Dalam organisasi ini tidak diajarkan untuk menjadi orang yang berkecipung dalam dunia politik, namun bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik. Tugas organisasi kepemudaan sebagai sosial control, maka mau tidak mau harus mengkritisi persoalan-persoalan yang ada di pemerintahan.
Mahasiswa disini adalah yang menjembatani antara rakyat dengan pemerintahan. Peran mahasiswa sangat diperlukan dalam memperbaiki pemerintahan di negara Indonesia yang sudah carut marut. Rakyat kecil yang tidak tahu akan jalannya pemerintahan dan membuat mereka  semakin tertindas, maka siapa lagi yang akan membantu mereka kalau bukan mahasiswa. Wakil-wakil yang mereka pilih hanya duduk dikursi mewah di Senayan, dan sering bentrok dengan sesama wakil rakyat. Sungguh pemandangan yang sangat mengenaskan, apabila sebagai mahasiswa tidak tergerak hatinya untuk turun tangan mengatasi masalah tersebut.
Sebagai mahasiswa jangan hanya menikmati zona nyaman, yaitu kuliah, makan, tidur, dan belajar. Apabila pekerjaannya hanya seperti ini tidak akan membuka pikiran kita untuk melihat keadaan diluaran. Pikiran kita akan tertutup dan mata kita pun akan tertutup tidak akan pernah melihat masa depan yang menuju perubahan. Zona aman yang terlalu menyenangkan akan membuat abadi kita abadi di zona itu. Maka diharapkan sebagai mahasiswa organisasi kepemudaan bukan mengurusi negara, karena negara sudah ada yang mengurus, kita hanya sebagai sosial control.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar