Selasa, 16 September 2014

Masalah yang Muncul di Sekolah

Masalah yang Muncul di Sekolah
Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang membimbing anak tentang ilmu pengrtahuan, keterampilan, kreativitas, dan budi pekerti. Dalam pendidikan di sekolah faktor utama yang mendukung pendidikan adalah siswa, siswa-siswa inipun memiliki masalah dalam proses pendidikan. Masalah ini merupakan suatu hambatan atau rintangan yang mempersulit siswa dalam usahanya untuk mencapai tujuan yang di harapkan. Masalah ini harus diselesaikan dengan bimbingan dan konseling.
Dari pengalaman selama belajar banyak masalah-masalah yang muncul, yang paling banyak ditemui pada para siswa adalah memilih sekolah dan jurusan. Masalah ini banyak muncul pada sekolah menengah pertama maupun sekolah menengah atas. Mereka memilih sekolah favorit atau perguruan tinggi yang di inginkan namun mereka tidak diterima akan menimbulkan frustasi pada siswa. Di sisi lain masalahnya siswa yang dipaksa untuk memilih sekolah maupun jurusan yang dipilih orang tuanya dan mereka harus menuruti dan hal ini tidak sesuai dengan keinginan mereka yang membuat mereka belajarnya asal-asalan tidak serius.
Masalah lain yang di alami siswa di sekolah adalah masalah asmara. Masa remaja adalah masa untuk mengenali dirinya dan mulai tertarik dengan lawan jenis. Salah satu siswa yang sudah memiliki pacar, namun pacarnya ini di dekati sama siswa lain maka membuat dia emosi dan melabraknya terus pada saling berkelahi tampar-tamparan. Mereka cenderung menggunakan kekerasan untuk mengatasi masalah, inipun terjadi pada siswa laki-laki maupun  perempuan, namun juga tidak semua siswa memiliki tingkah laku seperti ini. Kejadian seperti ini tidak terjadi satu atau dua kali namun sering terjadi dan terjadinya pada sekolah tingkat SMP dan SMA.
Pada masa remaja SMP dan SMA banyak pengalaman baru muncul dan teman semakin banyak dan pergaulanpun semakin meningkat. Dalam pencarian teman banyak sekali pengaruh-pengaruh dari teman baik itu pengaruh negatif maupun positif. Pengaruh negatifnya yang perlu ditangani adalah pembentukan geng. Geng-geng semakin banyak muncul, karena masa remaja ini mereka ingin menunjukkan jati diri atau aksi mereka kepada semua orang. Aksi-aksi yang dilakukan ada yang baik dan buruk, namun sebuah geng dalam pandangan masyarakat terkesan mereka memunculkan perilaku yang buruk.
Anak-anak yang mengalami kesulitan belajar juga harus mendapatkan layanan bimbingan. Anak-anak yang sulit belajar ini akan memyebabkan prestasi mereka rendah karena mereka tidak dapat mengembangkan kemampuannya sendiri dan kurangnya motivasi dalam diri maupun dari luar dirinya. Walaupun mereka mendapat prestasi yang rendah tapi mereka tidak merasa malu dengan temannya dan tetap santai merasa bahwa dirinya tidak merasa ada masalah dalam proses belajarnya,
Masalah lain yang timbul adalah masalah yang disebabkan kondisi keluarga. Anak-anak cenderung membawa masalah yang ada dikeluarga ke dalam proses belajarnya. Mereka lebih suka menyendiri dan pergaulanpun mereka juga dibatasi kepada teman-teman yang tertentu saja. Hal ini membuat mereka kesulitan untuk bersosialisasi dengan yang lain dan menyebabkan prestasi mereka rendah.
Masalah-masalah yang muncul seperti diatas harus mendapatkan pelayanan bimbinga dan konseling di sekolah. Dengan menerima bimbingan dan konseling diharapkan mereka dapat mengatasi masalah yang sedang dialaminya dan dapat merubah perilaku dan prestasi menjadi lebih baik.


1 komentar:

  1. http://bandarpelangi99.blogspot.com/2017/05/pelangi99situs-kartu-terbaik-se-asia.html

    http://bandarpelangi99.blogspot.com/2017/05/pelangi99-domino99-dominoqq-dominoqiuqiu.html

    http://bandarpelangi99.blogspot.com/2017/05/tentang-pelangi99.html

    http://bandarpelangi99.blogspot.com/2017/05/roger-moore-pemeran-james-bond-tutup.html



    SITUS TERPECAYA DAN TERBAIK HANYA PELANGI99.COM
    JOINT DAN BUKTIKAN SENDIRI!!!!!

    Untuk info selengkapnya silahkan hubungi kami di :
    website : WWW.PELANGI99.COM
    Skype : pelangi_capsa / Pelangi99
    BB : 2B3D585E
    Facebook : Pelangi99
    No HP : +855 166 75 661
    Yahoo : pelangi99_cs@yahoo.com

    BalasHapus